Cara Mengecilkan Perut Buncit

Cara Mengecilkan Perut Buncit


Cara mengecilkan perut buncit

Jaman dahulu gemuk dan perut buncit dilambangkan dengan kemakmuran. Tetapi saat ini khususnya masyarakat negara-negara maju menganggapnya sebagai kondisi tubuh yang tidak sehat, bagi mereka kesehatan seseorang dilihat dari jumlah otot dalam tubuhnya, bukan dilihat dari jumlah lemak dalam tubuhnya.
Di Indonesia mindset ini juga sudah mulai menjamur dimasyarakat, kesuksesan seseorang bukan ditentukan oleh perut buncit, tetapi ditentukan oleh jumlah otot dalam tubuhnya.
Lagipula jika tubuh kita berotot, secara alami tubuh enak dilihat dan ideal. Yang membuat tubuh tidak sexy adalah timbunan lemak.
Musuh utama lemak adalah otot, otot diibaratkan sebagai kompor, pembakar dan pembasmi lemak tubuh, sehingga saat seseorang ingin menghilangkan lemak maka pilihannya adalah memperbesar jumlah ototnya.
Kalau anda menginginkan tubuh sehat dan mendapatkan bonus badan ideal Food Combining adalah yang saya rekomendasikan. Apa itu Food combining? Silakan baca artikelnya disini.
OK, kita akan langsung ke topik bagaimana cara mengecilkan perut buncit yang ampuh.

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Mengecilkan perut buncit dengan mengatur pola makan

Usahakan makan secara teratur, misalnya makan besar 3 kali sehari dan makan kecil 2 kali sehari.
Tidak hanya frekwensi makan saja yang teratur, tetapi jamnya juga sebaiknya tepat waktu dan terjadwal.
Misalnya:
+ makan pagi jam 06:00 wib
+ makan camilan/buah jam 09:00 wib.
+ makan siang jam 12:00 wib
+ makan camilan/buah jam 15:00 wib
+ makan malam jam 18:00 wib.
Perlu digaris bawahi bahwa makan besar (pagi, siang, malam) secukupnya, jangan berlebih-lebihan, dan camilan yang disarankan adalah buah-buahan segar (hindari gorengan atau camilan-camilan yang memakai bahan msg, pengawet, pewarna yg tidak sehat).
Intinya jika kita ingin meningkatkan metabolisme tubuh maka makanlah dalam porsi sedikit tapi sering. Metabolisme yang tinggi artinya pembakaran lemak akan berjalan sangat efektif, terutama lemak-lemak dibagian perut. Tips diatas adalah cara mengecilkan perut buncit yang sudah teruji.

Mengecilkan perut buncit dengan olah raga teratur

Lakukan olah raga secara rutin dan teratur, dan olah raga yang efektif untuk mengecilkan perut buncit adalah olahraga dipagi hari saat kita belum sarapan. Karena saat itu kandungan gula darah rendah dan akhirnya energi diambil dari cadangan lemak tubuh.
Lakukan 3-4 kali setiap minggu, dan kalau ingin lebih bagus lagi kombinasikan jenis olahraganya antara kardio (lari, treadmill, jalan cepat) dengan latihan beban agar terbentuk otot dan menambah masa otot.
Biasanya setelah melakukan latihan beban, malamnya badan kita akan terasa pegal dan panas...nah itu artinya proses pembakaran lemak terjadi.
Lakukan kegiatan fisik sebagai habit/kebiasaan, jadilah orang yang aktif.
Jika anda perhatikan orang-orang yang aktif (tidak bisa diam) pasti tidak punya masalah dengan perut buncit bahkan meskipun mereka punya pola makan yang buruk.

Mengecilkan Perut Buncit Dengan Memilih Makanan

Kita harus mengetahui jenis makanan apa saja yang menyebabkan perut buncit.
Karbohidrat adalah penyebab perut buncit. Mengkonsumsi karbohidrat berlebihan akan menyebabkan penimbunan lemak dalam perut. Makanan apa saja yang mengandung karbohidrat? Nasi putih,
Jagung, Tepung gandum, Sagu, Kanji, Terigu, Pasta, Beras Merah, Spageti, roti tawar.
Makanlah karbohidrat secukupnya, kurangi porsinya, jika anda biasa makan sepiring kurangi porsinya menjadi 3/4 atau 1/2 nya.
Gantilah kekurangan tersebut dengan buah-buahan dan sayuran.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dg Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah keharusan jika kita ingin mengecilkan perut buncit.
Pola hidup sehat itu seperti apa?
Sederhananya adalah cukup tidur, makan makanan sehat dan secukupnya, tidak stress,  cukup olahraga, serta tidak terkena radiasi (air minum bersih, udara bersih, dan lain-lain).
Itu saja, dan anda bisa mengembangkannya sendiri, misalnya makanan sehat adalah makanan dari sumber buah dan sayuran organik, tidak tinggal di daerah pembuangan limbah beracun, rajin ibadah untuk menghindari stress, olahraga teratur dipagi hari, tidur 7-8 jam sehari.
Pola hidup sehat dalam jangka panjang akan memperbaiki seluruh organ tubuh manusia, dan secara alami timbunan lemak dalam perut akan sirna.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Puasa

Kita tahu bahwa puasa dianjurkan dalam agama Islam, dan bahkan mungkin agama yang lain.
Puasa Ramadhan sebulan penuh, puasa Senin-Kamis dan lain-lain.
Kenapa orang perlu berpuasa?
Yang pertama agar bisa menahan hawa nafsu, sehingga hal ini akan berkontribusi untuk meningkatkan kesabaran yang akhirnya seseorang terhindar dari stress.
Yang kedua bahwa puasa sebenarnya adalah proses detoksifikasi, setelah sekian lama organ-organ pencernaan kita bekerja, akhirnya bisa beristirahat sejenak untuk memperbaiki fungsi-fungsi organ itu sendiri.
Penelitian tentang manfaat berpuasa bagi kesehatan sudah sangatlah banyak.
Pada saat berpuasa dan perut kita melilit karena merasa lapar, sebenarnya itu adalah proses pengambilan lemak cadangan yang tersimpan dalam tubuh misalnya hati.



Apa Penyebab Perut Buncit?

Setelah kita bahas cara mengecilkan perut buncit, saya fikir ada baiknya kita mengetahui penyebab perut buncit, agar informasi yang kita dapatkan lebih lengkap lagi.
Berikut adalah penyebab Perut Buncit.

Penyebab Perut Buncit: Kebanyakan Duduk

Saat ini banyak laki-laki yang mempunyai masalah dengan perut buncit, dan kalau anda cermati kebanyakan mereka menghabiskan waktunya untuk duduk.
Misalnya menghabiskan waktunya duduk didepan computer.
Jika jenis pekerjaan dikantor mengharuskan anda banyak duduk, segera imbangi dengan menambah kegiatan olahraga diluar.
Apapun di alam semesta ini dikodratkan untuk bergerak, salah satu hukum alam adalah bahwa semua benda di alam semesta ini bergerak (law of vibration), jika anda ingin menyelaraskan diri dengan hukum alam anda harus banyak bergerak. Jika tidak bergerak maka anda akan berkarat :)
Sudah banyak penelitian yang dilakukan terhadap dampak negatif kebanyakan duduk, diantaranya memicu penimbunan lemak diperut serta berbagai masalah kondisi kesehatan yang serius.
Imbangi dan imbangi dengan olah raga!

Penyebab Perut Buncit: Karbohidrat Yang Berlebihan

Makanan pokok kita adalah nasi, dan ternyata mindset itu sudah tertanam dalam benak seluruh masyarakat Indonesia bahwa jika tidak makan nasi maka tidak kenyang.
Sebenarnya ada banyak jenis karbohidrat yang lebih sehat dan kaya manfaat dibanding nasi putih, misalnya nasi merah, kentang, dan lain-lain.

Penyebab Perut Buncit: Tidur Tidak Teratur

Sebenarnya penyebab utama perut buncit adalah tidur terlalu malam dan bangun kesiangan.
Jika pola hidup bagian ini masih sering anda jalani, segera rubah apapun caranya, tetapi tetap tidak disarankan memakai pil tidur misalnya karena akan menimbulkan masalah lain yang lebih serius.
Pikirkan solusi untuk setiap masalah dengan cara yang alami dan benar, sehingga kita akan memperoleh manfaat yang maksimal.

Penyebab Perut Buncit: Minum Minuman Keras/ Alkohol

Alkohol yang dikonsumsi berlebihan bisa membahayakan liver/hati karena toksin-toksin tersebut bisa mengendap dihati dan menyebabkan fatty liver (pembengkakan hati).
Biasanya peminum alkohol perutnya membuncit.
Kita orang Indonesia yang hidup dinegara tropis rasanya tidak tepat mengkonsumsi alkohol sebagai kebiasaan. Sebaiknya hindari minum alkohol jika tidak terpaksa.

Penyebab Perut Buncit: Jarang Olah Raga

Orang yang jarang olah raga atau bahkan tidak pernah berolahraga mempunyai resiko perutnya membuncit.
Lakukan seminggu 3-4 kali, misalnya ambil waktu pagi hari.
Rasakan manfaatnya, bukan hanya perut anda akan mengempis tetapi anda akan selalu aktif, penuh stamina dan berenergi sepanjang hidup anda.
Lakukan latihan beban dan kardio pada menu olahraga anda.
Bentuk otot anda, dan jika anda komitmen melakukan ini perhatikan lingkar pinggang perut anda dari bulan ke bulan akan semakin mengecil.
Lingkar perut yang normal adalah 90 cm untuk laki-laki dan 70 cm untuk wanita.
Jadikan ukuran diatas menjadi target anda.
Menjaga agar perut tidak membuncit tidak hanya membuat tubuh anda sehat, tetapi juga membantu anda awet muda.
Semoga penjabaran Cara Mengecilkan Perut Buncit diatas berguna dan cocok bagi anda.

Salam Sukses!

Author

Ditulis oleh Admin

Indahnya berbagi.....LIKE FACEBOOK YA....:-)

1 comments:

Mira said...

mudah2an berhasil, habis melahirkan nih...
trimakasih infonya...